Alih media arsip dengan pemindai (scanner)

Dasril Iteza - Berbicara tentang arsip terutama arsip statis, maka arsip statis merupakan memori kolektif bangsa sehingga membutuhkan layanan yang bersifat lengkap, cepat, tepat sasaran, mudah dan tentu saja murah! Untuk mewujudkan layanan tersebut harus ditunjang atau lebih tepatnya dibutuhkan pusat data yang berisi informasi mengenai arsip statis yang dimiliki secara lengkap serta terpadu. Informasi-informasi mengenai arsip statis tersebut akan lebih efektif jika berupa citra digital dari hasil pemindaian (scanning) arsip statisnya. Hal ini akan menunjang bagi masyarakat yang membutuhkan untuk memperoleh layanan arsip statis secara lengkap, cepat, tepat, murah (kalau tidak gratis).

Untuk membuat pencitraan arsip statis sehingga menjadi bentuk digital, alat pemindai atau scanner beserta kamera digital harus dipertimbangkan karena tidak hanya terkait pada objek (arsip statisnya) yang akan dipindai tetapi juga maksud penggunaan citra digital tersebut. Ada dua hal yang harus diperhatikan, yang pertama adalah kalau hanya citra digital yang diinginkan hanya untuk sebatas akses saja, maka tidak perlulah kiranya menggunakan scanner yang menggunakan resolusi tinggi, sedangkan yang kedua adalah jika yang diinginkan adalah citra digital untuk dijadikan master, maka scanner beresolusi tinggi atau yang terbaik mutlak diperlukan!

Kualitas Gambar

Membuat foto untuk cetak poster Kamera digital menyimpan foto dalam format yang berbeda-beda. Selain format terkompresi JPEG, ada pula format TIFF. Dalam format TIFF foto tidak akan dikompresi atau dikompresi seminimal mungkin. Format ini membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar. Untuk mencetak poster dibutuhkan data gambar dan warna seasli mungkin. Jadi, format TIFF lebih cocok untuk keperluan ini. Untuk menjadikan master, saya sendiri sering menggunakan format TIFF!

Memasang Scanner (Pemindai)

Hemat waktu dengan koneksi cepat Scanner beresolusi tinggi akan menghasilkan data gambar cukup besar. Agar proses transfer data berlangsung lebih cepat, pilihlah scanner dengan interface USB 2.0 atau Firewire. Dengan interface ini data gambar akan ditransfer lebih cepat dibandingkan interface USB 1.1 yang masih menjadi standar umum. Komputer model lama yang hanya memiliki interface serial dan paralel akan memerlukan card USB 2.0 atau Firewire tambahan.

Perangkat Komputer, PC atau Notebook

Untuk lebih mempercepat proses pemindaian, semakin tinggi atau semakin canggih komputer atau notebook yang kita gunakan maka akan semakin cepat pula pekerjaan kita dalam hal alih media arsip. Seperangkat Scanner dengan PC atau Notebook yang memiliki prosesor tinggi akan sangat membantu dalam hal ini, apalagi sekarang dipasaran banyak sekali PC atau Notebook yang memiliki prosesor dan memori yang besar bisa didapatkan dengan harga yang relative terjangkau.

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah dasar hukum untuk melaksanakan alih media arsip. Selain itu mungkin juga ada kawan-kawan yang sering melakukan alih media arsip menggunakan scanner arau pemindai untuk bisa sharing pada kolom komentar dibawah ini.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs