Sail Wakatobi – Belitung 2011: Maskot Batu Burung Garuda dan Kuda Laut

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Eko Maulana Ali mengatakan bahwa Belitung telah ditetapkan sebagai destinasi wisata nasional Indonesia setelah Bali dan Lombok, dan khusus untuk Belitung, dimana bersama Wakatobi akan menjadi tuan rumah Sail Waktobi – Belitong 2011 (Sail WaBe 2011) yang rencananya akan diselenggarakan bulan Oktober mendatang. Pembukaan Sail Waktobi – Belitong 2011 ini akan berlangsung di Belitung, dimana menurut informasi yang beredar, pembukaan Sail Wakatobi – Belitong 2011 akan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Untuk maskot Sail Wakatobi – Belitong 2011 telah ditetapkan bahwa Batu Kelayang (Batu Burung Garuda) yang ada di Pantai Tanjungkelayang. Ini untuk maskot untuk di Belitung.

Reaksi protes bermunculan dari masyarakat Belitung begitu mendengar pernyataan Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang menyarankan bahwa batu itu dicat dan diberi lambu lampu layaknya mata burung garuda yang bersinar di malam hari.

Berbagai macam reaksi protes yang satu diantaranya adalah bahwa tidak perlulah Batu Kelayang tersebut dicat, karena ini justru akan mengurangai keindahan, keunikan, ke-khas-an serta natural batu tersebut. Jika sudah di cat, kesan originalnya akan hilang dan para turis asing tidak akan pernah bisa melihat Batu Kelayang dalam wujud aslinya. Secara pribadi saya sendiri juga tidak setuju dengan dengan saran Menteri Kelautan dan Perikanan RI tersebut, karena ini akan mengurangi – bahkan “menghilangkan” – salah satu keunikan Belitung pada umumnya serta keunikan Pantai Tanjungkelayang pada khususnya.

Sedangkan untuk Sail Wakatobi – Belitong 2011 yang ada di Wakatobi telah ditetapkan bahwa maskot-nya hewan yang memang khas Wakatobi yaitu Kuda Laut (pigmy horses).

Terkait masalah penyelenggaraan Sail Wakatobi - Belitong 2011, khususnya untuk di Belitung sendiri, Pemerintah Kabupaten Belitung mengharapkan Presiden segera mungkin mengeluarkan Keputusan Presiden - Keppres terkait penyelenggaraan Sail Wakatobi - Belitong 2011 yang selama ini menjadi kendala dalam persiapan event internasional tersebut.

"Ya kita sangat mengharapkan kepada pemerintah pusat, cepatlah keluarkan Keputusan Presiden itu, karena kita membutuhkan dana untuk persiapan Sail Wakatobi - Belitong 2011 hingga pelaksanaannya nanti," ujar Bupati Belitung Darmansyah Husein sebagaimana dilansir oleh RRI.

Rujukan lebih lanjut:

RRI, Harian Pagi Pos Belitung Jumat, 21 Januari 2011

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

Anonymous Monday, November 19, 2012 at 5:00:00 AM GMT+7  

Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to mention that I have truly
enjoyed surfing around your blog posts. In any case I will be
subscribing for your rss feed and I am hoping you write once more very soon!
Have a look at my web-site : free ads classified sites

chill Wednesday, March 13, 2013 at 12:56:00 PM GMT+7  

i Belitung, dimana menurut informasi yang beredar, pembukaan Sail Wakatobi – Belitong 2011 akan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. achat vente

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs