Kelebihan dan kekuarangan plugin reCAPTCHA

Sebenarnya untuk menjaring komentar Spam, Wordpress telah menyediakan Akismet. Pada blog Wordpress saya, Akismet ini tidak saya aktifkan, tentunya dengan berbagai pertimbangan. Sebagai senjata buat Blog WP tersebut baru-baru ini saya menginstal dan mengaktifkan plugin reCAPTCHA. Lihat disini Cara memasang Plugin reCAPTCHA.

Sebelum plugin reCAPTCHA tersebut dipasang, hampir tiap hari saya mendapatkan diatas 50 komentar spam. Hal ini tentunya sangat menjengkelkan buat saya, dan pemilik blog manapun, saya pikir!

Alhasil setelah Blog wordpress tersebut dipasangi dengan plugin reCAPTCHA, bisa saya katakan komentar spam yang menyerang blog WP saya tersebut menghilang.

Plugin reCAPTCHA kalau menurut saya memang cukup tangguh dalam memerangi spam. Namun sebagaimana plugin-plugin lainnya ditengah-tengah kehebatannya tentunya juga memiliki beberapa kekurangan.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan plugin reCAPTCHA, menurut kaca mata saya:
  • Kelebihan - Tentunya tidak ada sedikitpun keraguan bagi saya dalam mengaktifkan plugin reCAPTCHA. Sepanjang yang saya ketahui, selain gratis, plugin reCAPTCHA ini menggunakan kombinasi dari Time-Based Hash (sebelumnya Time Based Tokens, TBT) dan JavaScript (AJAX). Selain itu tersedia kode keamanan yang dipasang saat setting pluggin tersebut. Kode keamanan ini didapat dengan dari login dengan akun Google (gmail.com) kita. 
  • Kekurangan - Kebanyakan blog WP dengan plugin reCAPTCHA ini miskin komentar. Artinya kurangya komentar-komentar dari pengunjung – terlepas dari blog tersebut popoler atau tidak – karena untuk submit komentar setiap pengunjung blog DIHARUSKAN memasukkan dua suku kata yang disediakan oleh reCAPTCHA, yang biasanya terletak didekat kotak komentar. Kelihatannya hal ini laha yang membuat engan para pengunjung untuk memberikan komentar.
Meski demikian, saya tetap optimis, komentar murni dari lubuk hati pengunjung pasti tetap berdatangan, meski mungkin tidak sebanyak yang diharapkan!

So, dipenuhi komentar spam atau aktifkan plugin reCAPTCHA?

-------------------------------------------------------------------------------------



1 comments :

Anonymous Tuesday, February 26, 2019 at 2:14:00 AM GMT+7  

I used to be able to find good info from your content.

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker