Pentingnya Membuat dan Submit Sitemap

Dasril Iteza - Banyak cara untuk mengenalkan blog ke mesin pencari, misalnya adalah dengan URL submission. Namun cara yang ampuh dan powerfull untuk mengenalkan situs blog ke mesin pencari adalah dengan melakukan sumbit Sitemap. Jika URL submision hanya untuk domain utama saja, maka Sitemap mencakup seluruh bagian dari situs blog itu sendiri.

Sitemap adalah salah satu sarana yang mudah dibuat oleh pemilik blog/ situs untuk menginformasikan kepada mesin pencari tentang halaman atau bagian apa saja yang ada di situs blog yang bisa diindeks mesin pencari.

Secara sederhana, Sitemap merupakan halaman, bagian halaman atau berupa file yang berisi daftar link dan atributnya di situs/ blog. Ibarat sebuah peta, Sitemap digunakan mesin pencari dan pemilik dan pengguna situs blog untuk mengetahui halaman-halaman apa saja yang ada dalam situs blog. Sitemap akan sangat berguna manakala ada beberapa halaman situs blog yang tidak bisa ditemukan oleh pencarian normal.

Pentingnya untuk men-submit Sitemap situs blog, sebagaimana yang diungkapkan oleh Google Webmaster Guidelines, yaitu : “Wheter your site is old or new, large or smal, we highly recommend you submit a Sitemap”. Arti bebasnya, kurang lebih : tidak peduli situs lama atau baru, besar atau kecil, kami sangat menganjurkan anda untuk submit Sitemap.

Cara powerfull untuk menciptakan Sitemap untuk situs blog anda, bisa dipelajari pada:

http://support.google.com/webmasters/bin/search.py?hl=en&ctx=en%3Asearchbox&query=sitemap&oq=sitemap&gs_l=partner.3...4678.7558.0.7845.11.9.0.0.0.0.0.0..0.0.gsnos%2Cn%3D13..0.0.2793j1371739j11j2..1ac.1.

Bagaiman menurut rekan-rekan semua, ada tanggapan?

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

adityamurti Saturday, December 29, 2012 at 12:36:00 PM GMT+7  

yup! submit sitemap memang sebuah hal yg cukup penting dan sebaiknya dilakukan..

Dasril Iteza Saturday, December 29, 2012 at 3:40:00 PM GMT+7  

@adityamurti ....

mungkin juga ini memang sebuah keharusan gan....

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker