Eiland Billiton

Dasril Iteza - Negeri Belanda erat sekali kaitannya dengan Republik Indonesia dimasa lalu, tidak terkecuali dengan Pulau Belitung. Dalam Bahasa Belanda, Pulau Belitung disebut Eiland Billiton. Coba anda gunakan kamus untuk mengartikan atau menggunakan jasa Google Translate, Eiland Billiton sama dengan Pulau Belitung.

Belitung merupakan pulau relatif kecil (4,833 km²) yang memiliki banyak peranan dimasa lalu, memiliki pesona wisata sangat mengagumkan dan belakangan ini semakin banyak dijadikan incaran wisatwan – baik domestik maupaun mancanegara – dalam rangka liburan, berwisata pembuatan foto-foto Pre-wedding atau hal-hal lainnya. 

Eiland Billiton (Pulau Belitong) dikenal dengan banyak hal. Yang paling dikenal dunia adalah timah, kaolin, pantai-pantai yang indah dengan pasirnya yang putih halus dan berpagarkan batu granit artistik dalam berbagai ukuran (dari yang kecil hingga yang super size), benda-benda serta bangunan bersejarah yang dirangkum dalam Benda Cagar Budaya hingga Batu Satam atau Billitonite yang merupakan batu meteor dengan karakteristik unik langka yang hanya bisa di temukan di Eiland Billiton ini. Demikian hebatnya si Batu Satam ini, oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung, dibagunlah Monumen Satam Raksasa Lima Pilar yang berada di Pusat Kota Tanjungpandan.

Di masa lalu, pun Belitung pernah diperebutkan oleh Inggris dan Belanda dan hal ini tertuang dalam sebuah traktat yang sangat terkenal sekali, yang disebut Traktat London atau Perjanjian London tanggal 17 Maret 1824. Poin ke-6 dalam traktat tersebut berbunyi :
Britania menarik mundur oposisinya dari pendudukan pulau Billiton oleh Belanda
Dengan demikian, Pulau Belitung masuk dalam kekuasaan Belanda. Dan semua serah terima dari kepemilikan dan bangunan yang didirikan terjadi pada tanggal 1 Maret 1825. Perjanjian tersebut disahkan tanggal 30 April 1824 oleh Britania dan tanggal 2 Juni 1824 oleh pihak Belanda.

So, jika suatu saat nanti anda menemukan kata dalam Bahasa Belanda yaitu Eiland Billiton, maka itu adalah merujuk pada pulau relatif kecil dalam region administratif Provinsi Kepualaun Bangka Belitung.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs