Membuat Ikan Asin di Pulau Buku Limau Belitung Timur

Blogger Belitung - Desa Buku Limau adalah juga sebentuk pulau yang bernama sama yaitu Pulau Buku Limau. Masuk dalam Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Mata pencaharian utama penduduknya adalah nelayan. Penduduk asli Pulau Buku Limau adalah para nelayan tangguh dari Suku Bugis Sulawesi dengan cerita panjang sampai akhirnya menetap dan berketurunan di Pulau Bulu Limau ini.

Dengan keseharian yang demikian, sudah pasti hal-hal yang berhubungan dengan ikan, kapal bermotor, bau jemuran ikan merupakan pemandangan sehari-hari yang bisa ditemukan saat mengunjungi pulau ini.


Berlatar belakang Masjid yang hanya ada satu-satunya di Pulau Buku Limau, tampak aktivitas masyarakat terutama kaum emak-emak Pulau Buku Limau dalam menjemur ikan untuk dijadikan ikan asin cukup menarik untuk diabadikan. Cuaca hari itu memang cukup panas. Tidak heran kaum permempuan yang membolak-balik posisi ikan pun mesti memakai tutup kepala.

Selain memakai tutup kepala, wajah mereka sudah dilumiri dengan "Bedak Ricak" alias bedak dingin yang berfunsi sebagai lotion tabir surya yang terbuat dari beras yang ditumbuk-tumbuk hingga halus.


Meski demikian, cuaca seperti inilah yang dikehendaki agar proses penjemuran untuk menjadi ikan asin dapat berjalan sempurna!

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker