Pulau Gusong Sampai, Laut Manggar – Belitung Timur

Dasril Iteza - Gusong Sampai begitulah masyarakat nelayan seputaran Manggar, Belitung Timur lebih akrab menyebutnya, merupakan pulau kecil yang hanya ada gundukan pasir putih semata, khas pulau-pulau pasir atau gusong yang ada diperairan Pulau Belitung.


Gusong Sampai atau Pulau Gusong Sampai tidak berapa luas, dengan panjang kurang lebih 15 meter diatas permukaan laut dan lebar sekitar 5 meter, adalah salah satu dari dua pulau gusong yang ada dilepas Pantai Nyiur Melambai (Pantai Lalang), Manggar, Belitung Timur.



Gusong Sampai, memang tidak seperti Pulau Gusong Pasir di dekat Pulau Lengkuas yang dijadikan salah satu tempat persinggahan sesaat oleh para wisatawan karena keberadaan Gusong Sampai ini hanya dimanfaatkann oleh para nelayan atau perahu-perahu untuk berhenti dan berlindung dari terpaan badai atau ribut dengan alun gelombang yang relatif tinggi.

Pulau Gusong Sampai memiliki pasir putih halus dengan kejernihan air laut pada sekeling pantainya. Lebih dari cukup untuk berlindung dari terpaan alun gelombang, disamping itu siapaoun yang datang kesini akan disuguhi pemandangan indah, sisi timur Pulau Belitung, deretan bukit yang ada seperti Bukit Samak, Gunung Selumar, Gunung Tajam maupun Gunung Burung Mandi.

Pun, demikian dengan rombongan mancing kami serta beberapa rombongan mancing lainnya – di permulaan hari bulan Desember ini - yang terpaksa singgah di Gusong Sampai untuk menunggu angin ribut mereda. Dan setelah badai reda, kami pun melanjutkan perjalanan kembali pulang...

Seperti apa pemandangan yang saya rekam dengan video, sobat semua dapat melihatnya pada video diatas, atau seilakan klik link YouTube ini.

-------------------------------------------------------------------------------------



4 comments :

Anonymous Tuesday, December 4, 2018 at 9:16:00 AM GMT+7  

Incredible points. Sound arguments. Keepp up the good spirit.

MementoMag Wednesday, December 5, 2018 at 6:34:00 AM GMT+7  

Keindahan belitung emang tak ada habisnya.

Dasril Iteza Friday, December 7, 2018 at 10:08:00 PM GMT+7  

@Mementomag...

Sangat sepakat sekali

Anonymous Friday, July 8, 2022 at 10:38:00 PM GMT+7  

potensi bagus kalau dikembangkan dan diberdayakan untuk menarik wisata

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker