Misteri Tanaman Seledri

Anda – terutama kalangan ibu rumah tangga - tentu mengenal tanaman Seledri ini. Ya, Seledri merupakan sejenis tanaman yang dipergunakan untuk menambah kesedapan masakan atau kue talam. Bentuk batangnya yang memiliki banyak pelepah dengan ketinggian sekitar 15-20 cm membuat tumbuhan ini mudah untuk diperlihara dalam pot. Saya sendiri sangat menyenangi tanaman ini. Apabila memakan bakso, saya sering meminta agar cincangan Seledri saya diperbanyak.

Namun di daerah saya, Belitung, ada sebuah cerita unik – sekaligus misteri – seputaran tanaman ini.

Cerita ini saya dapatkan dari ibu saya. Memiliki nuansa misterius, meskipun ditolak oleh akal sehat, namun faktanya seperti berikut ini mengatakannya…

Orang tua saya adalah yang gemar sekali menanam tanaman Seledri (di kampong saya sering menyebutnya Daun Sop), beliau memeliharanya hingga memiliki sekitar 3-5 pot yang tumbuh tanaman seledri ini. Kejadian misterius tentang tumbuhan ini adalah bahwa tanaman ini tidak boleh dipetik oleh sebarang orang, harus “tuannya” yang boleh memetiknya. Pernah kejadian yang dialami oleh ibu saya, dimana ada seseorang yang memotes (entah itu dengan niat mencuri atau mengambilnya namun pas meminta izin, ibu saya tidak ada dirumah), alhasil keesokan harinya tanaman tersebut layu dan mati! Namun kejadian menggelikan pernah juga dialami oleh ibu saya, dimana ada orang yang memotes pelepah seledri tersebut tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada ibu saya, namun meninggalkan koin Rp. 25,- dipot disamping pelepah yang dipotes, akan tetapi tanaman tersebut tidak mati.

Jika tanaman tersebut dipotes tanpa melewati tangan yang punya, maka dampaknya adalah tanaman tersebut menjadi mati. Namun, bisa terus hidup meskipun di potes tapi meninggalkan sejumlah uang. Konyol sekali memang. Tapi ini adalah kenyataan. Dan kenyataan itu terjadi tiap kali orang tua saya memelihara seledri tersebut. Bukan orang tua saya saja yang pernah mengalami hal ini, orang-orang lain yang memelihara tanaman seledri ini juga pernah mengalaminya. Andaikan saya tulis semua pengalaman mereka itu, kiranya halaman ini akan menjadi penuh.

Memang cerita yang tidak bisa diterima oleh akal sehat, namun itulah faktanya. Seperti yang pernah dikatakan oleh ibu saya, mungkin waktu zaman dahulunya telah terjadi persumpahan terhadap tanaman seledri ini. Tanaman ini mungkin adalah salah satu dari sekian banyak jenis tanaman yang “rewel”!

Hingga sekarang ini pun, jika masih saja memotes pelepah seledri bukan oleh pemiliknya dan atau tanpa meninggalkan sepeserpun uang didalam pot, maka hasilnya tanaman ini 100 % akan mati!

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker