Cara Melestarikan Dokumen secara sederhana

Dasril Iteza - Dokumen pun merupakan hasil rekaman informasi baik sengaja maupun tidak. Baik secara fisik maupun informasi yang terkandung di dalamnya – dalam skup luas - dokumen perlu dilestarikan bersama sebagai suatu rekaman budaya atau sejarah kehidupan bangsa yang menjadi kebanggaan dan acuan dalam pengembangan budaya bangsa di masa mendatang.

Sedangkan dokumen pribadi jika dirasa perlu untuk dilestarikan, maka tidak perlu menunggu waktu lagi. Setidaknya berguna untuk kebanggaan dan acuan buat sang pemilik dokumen tersebut!

Untuk dokumen pribadi, kita pasti memiliki buku, kertas yang berisi hasil pemikiran, foto-foto, ijazah dan lain sebagainya. Sayangnya kesemua itu akan mengalami kerusakan jika tidak ada upaya pelestarian.

Berikut ini adalah 5 (lima) cara melestarikan dokumen:
  1. Jangan menggunakan Tape atau lem untuk memperbaiki dokumen. Umumnya tape atau lem yang peka terhadap tekanan mengandung asam dan menyebabkan bintik coklat pada dokumen. 
  2. Simpanlah dokumen secara mendatar, namun jangan meratakan dokumen yang tergulung secara paksa. Paksaan tersebut akan merusak serat dan akan melemahkan kertas. 
  3. Jangan mengikat dokumen dengan menggunakan karet gelang. Karet gelang akan mengeras dan melekat ke kertas. 
  4. Simpanlah dokumen yang jauh dari sinar matahari atau sinar lampu fluoresen. Semua cahaya akan merusak dokumen; Sinar ultraviolet merusak semuanya. 
  5. Jangan pergunakan Paper Clip, Stapples atau objek metal lain untuk menyatukan dokumen. 
Cara yang sederhana, namun memiliki keampuhan pelestarian jangka panjang.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs