Memanfaatkan Search Description untuk Optimasi SEO

Dasril Iteza - Bagi pengguna Blogger/ Blogspot, Saat ingin posting tulisan pada blog, apakah kalian memperhatikan menu-menu posting pada sisi kanan halaman postingan? Lebih jauh lagi apakah kalian semua memanfaatkan menu-menu tersebut, khususnya untuk Optimasi SEO blog anda? Menu-menu tersebut bernaung pada Post Settings, yang dibawahnya terdiri dari:
  • Labels 
  • Schedule 
  • Permalink 
  • Location 
  • Search Description, dan 
  • Options
Lihat screenshot dibawah,


Kalau anda bertanya pada saya apakah saya memanfaatkan semua menu-menu tersebut, maka saya menjawabnya sudah barang tentu fasilitas tersebut saya gunakan semaksimal mungkin untuk kesempurnaan blog sederhana ini dalam ketatnya persaingan SEO.

Diantara sekian banyak menu Post Settings yang dibuat oleh Google Blogger, ada satu menu yang menurut kacamata saya justru berpengaruh sekali dengan Optimasi SEO, itu adalah menu Search Description.

Sama-sama kita ketahui, setiap hasil situs blog yang ditampilkan oleh SERPs Google, maka yang muncul adalah tag meta deskripsi (meta tag description). Namun sayangnya, pada Blogger/ Blogspot tag meta deskripsi ini ditampilkan oleh SERPs Google adalah yang umum yang dibuat oleh pemilik blog itu sendiri. Untuk deskripsi secara lebih khusus, pengguna Blogger/ Blogspot akan lebih kerepotan atau lebih tepatnya tidak bisa digunakan karena memang Google Blogger tidak menyediakan tool terkait.

Namun sekarang – dan tanpa saya sadari awalnya – tool tersebut telah disediakan oleh Google Blogger yaitu dengan penambahan menu Search Description. Menu Search Description inilah bisa kita manfaatkan untuk membuat deskripsi yang sesuai untuk setiap judul/ title tulisan yang ingin kita publikasikan.

Kemudahannya adalah memudahkan pengguna Blogger/ Blogspot untuk meng-korelasi-kan antara judul posting blog dengan isi deskripsi yang kita masukkan melalui kota Search Description. Lihat screenshot disamping.

Hasilnya adalah, dengan judul blog kita di-korelasi-kan dengan Search Description akan memperkuat usaha SEO kita di Google, karena yang akan tampil di halaman hasil pencarian Google adalah judul artikel dengan deskripsi ringkas berdasarkan artikel yang dibahas dan bukannya deskripsi umum seperti yang kita buat di tag meta deskripsi dalam template!

Ada satu hal yang membuat saya bertanya-tanya. Pada blog saya yang lain (menggunakan Blogger.com juga), tetapi opsi Search Description-nya tidak ada. Mungkin rekan-rekan blogger atau siapapun dapat menjelaskannya kepada saya.

Selamat mencoba Search Description, dan bagi rekan-rekan blogger yang ingin berpendapat terkait posting diatas, jangan sungkan untuk mengemukakannya pada box komentar dibawah!

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

catatan google Sunday, November 18, 2012 at 10:46:00 AM GMT+7  

patut di coba, salam kenal. follow back

DShare 33 Monday, February 4, 2013 at 7:12:00 PM GMT+7  

Terima kasih tips seo nya admin!

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker