Koin uang logam kuno Indonesia Nederlandsch Indie 2 ½ Cent tahun 1897 dan tahun 1945

Diantara semua koleksi uang logam kuno nan antik milik saya, hanyalah Koin logam kuno antik Nederlandsch Indie tahun 1897 inilah yang paling tua usianya. Sekeping Koin logam kuno yang sudah cukup tua usianya yaitu 114 tahun (2011 – 1897 = 114).

Jujur saja saya tidak begitu banyak tahu tentang koin Nederlandsch Indie 2 ½ Cent Tahun 1897 ini. yang pasti koin ini saya temukan dirumah saya. Awalnya saya tidak begitu mempedulikan koin kuno ini, hanya saja yang terpikir oleh saya saat itu adalah “ini adalah uang logam kuno” atau “ini adalah koin logam yang langka dan sangat jarang ditemukan!” Hanya itu. Hingga pada akhirnya saya memiliki blog dan mempostingnya disini dan yang sekarang ini dibaca dan dilihat oleh anda semua.

Mungkin juga anda semua sudah pernah melihat bagaimana bentuk uang koin logam kuno – pada sisi pertama – yang bertuliskan melingkar: Nederlandsch Indie 2 ½ Cent Tahun 1897, bergambarkan mahkota yang dijunjung oleh singa. Sedangkan sisilainnya adalah bertuliskan aksara Arab atau huruf arab atau mungkin juga sebentuk penggalan Ayat Suci Al-Quran yang dilingkari dengan tulisan atau (mungkin) aksara Jawa. Yang ada pada saya hanyalah satu keping. Saya juga memiliki Koin logam kuno antik Nederlandsch Indie 2 ½ Cent, namun tahun 1945 sebanyak 2 (dua) keping. Sama seperti koin logam kuno 1897 diatas, yang tahun 1945 ini juga tidak begitu banyak yang saya ketahui.

Namun jika memang belum ada diantara kalian semua yang belum pernah melihatnya, dibawah ini adalah photo dari koin logam kuno Nederlandsch Indie 2 ½ Cent Tahun 1897 tersebut:


Tampak Depan Nederlandsch Indie 2 ½ Cent Tahun 1897


Tampak Belakang Nederlandsch Indie 2 ½ Cent Tahun 1897

Dan seperti gambar dibawah inilah rupanya koin logam kuno Nederlandsch Indie 2 ½ Cent Tahun 1945.


Tiga keping koin logam tua yang pasti sarat sejarah dan penuh makna. Apalagi, benda-benda diatas sangat sukar untuk ditemukan. Kalaupun ada, mungkin anda mesti mengeluarkan rupiah dalam jumlah yang tidak sedikit. Tergantung kesepakatan dalam penawaran.

-------------------------------------------------------------------------------------



61 comments :

budipx41 Sunday, August 14, 2011 at 10:46:00 PM GMT+7  

aku punya uang koin benggol tsb banyak,mulai tahun 1858 sampai tahun 1945,tidak saja 2.5 cent tapi juga 0.5 cent dan 1 cent.suwun

Dasril Iteza Sunday, August 14, 2011 at 11:20:00 PM GMT+7  

wow luar biasa... komplit sekali gan.. saya kalah telak neh

Anonymous Friday, September 23, 2011 at 11:00:00 AM GMT+7  

sama q juga punya malah yang paling gede dbuat untuk kerokan....uenak tu,,langsung sembuh...

Anonymous Tuesday, October 11, 2011 at 12:54:00 PM GMT+7  

aq punya 2,5 sen nederland indie mau tawar brp

Anonymous Tuesday, November 22, 2011 at 10:13:00 AM GMT+7  

gannn ane juga punya ne koin nedherland indie 2,5 cent.kondisi bagus..
bisa di lihat di sini.. http://www.kaskus.us/showthread.php?p=558070767#post558070767
ane jual cepet aja.tp tetep best over yah gan..hehehee..
kalo berminat hub ane..021-34336444..ane tinggal di jakarta barat..
di tunggu yahh..terima kasih

Dasril Iteza Monday, September 10, 2012 at 10:55:00 PM GMT+7  

yang lain blom kasih tau koleksinya di komentar ini. btw, kalau mau lihat koleksi uang kuno saya, silakan akses blog saya yang lain di http://moneykoin.blogspot.com

gery yhansyah Saturday, October 6, 2012 at 9:48:00 PM GMT+7  

saya punya logam nedherlands indie thun 1945,,hanya sja bkn yg 2 1/2sen mlainkan 1 sen ad 2 keping.

Wawan Ihwan Friday, October 19, 2012 at 6:59:00 AM GMT+7  

Sy juga punya uang NEDERLANDSCH INDIE tahun 1945 tpi sy nggak tau itu uang brapa krn udh agak karatan ..

Wawan Ihwan Friday, October 19, 2012 at 7:06:00 AM GMT+7  

Saya juga punya uang NEDERLANDSCH INDIE tahun 1945 2.1/2 CENT .....

Dasril Iteza Saturday, October 20, 2012 at 7:17:00 PM GMT+7  

@Wawan Ihwan...

Susah juga kalo dah karatan...

agung putra jaya Monday, October 29, 2012 at 9:48:00 PM GMT+7  

Saya ada yg tahunnya 1919....& yg 50c nenderlandsch tahun 1921..
Dan yg lainya... tp ada yg di buat untuk kerokan juga....

Dasril Iteza Wednesday, October 31, 2012 at 12:50:00 AM GMT+7  

@agung putra jaya

Koin2 tersebut memang telah membudaya untuk dijadikan kerokan... biar tidak digunakan sebagai kerokan lagi, makanya saya ambil

Anonymous Monday, December 24, 2012 at 9:54:00 PM GMT+7  

Saya juga punya , yang minat hubungin saya !

oepayz setiawan Tuesday, December 25, 2012 at 12:40:00 PM GMT+7  

gan aku jg py yg 2 1/2 cent, th. 1858 n 1945, kondisi UNC, kira" hrgnya nyampe brp yaa??
klo murah mending buat kerokan aja yaa gann,, heeeeeee.........

Dasril Iteza Wednesday, December 26, 2012 at 11:02:00 PM GMT+7  

Anonym "Saya juga punya , yang minat hubungin saya !"

Hubungi kemana???

Kitajima reena Wednesday, January 2, 2013 at 1:58:00 PM GMT+7  

Sy jg pny yg th 1858. Tp sudah tidak kelihatan uang brp sen.
Minat boleh hub sy via email : kitajima.reena@gmail.com

Dasril Iteza Wednesday, January 2, 2013 at 9:41:00 PM GMT+7  

@Kitajima reena...

repot juga kalau sukar mengetahui berapa nominalnya, dengan kata lain kondisi koin tersebut sudah kurang baik..

erni Wednesday, February 6, 2013 at 10:08:00 AM GMT+7  


gan saya juga punya uang kuno nederlandsch 2,5 cent 1945 kondisi masih bgus,,,,maw sya jual bisa hub 081913633999

Anonymous Sunday, February 10, 2013 at 12:25:00 AM GMT+7  

saya puya uang logam WILHELMINA KONINGIN NEDERLENDEN 21 G 1919 siapa yg cari bisa
hubungi saya (ANDI MUNZIR) di no 081369177735 - 081540064199

Arga Seta Saturday, April 6, 2013 at 12:18:00 PM GMT+7  

gan saya punya koin nederland indie 1945 2 1/2 cent. mau tawar brapa? no saya 085736890221

farel Saturday, April 6, 2013 at 8:57:00 PM GMT+7  

saya punya bnyk koin bersejarah , bahkan ada koin VOC tahun 1730 , yang minat hub : 081341754185 (fathur.kurniansyah)

Mach Moe Monday, April 8, 2013 at 4:50:00 PM GMT+7  

Sy pux uang nederland 1945 aku mau jual

Ajay Gio Sunday, April 28, 2013 at 3:49:00 AM GMT+7  

kami punya uang logam nederland tahun 1930, berjumlah lbh krng 1,5 Kg...

Ajay Gio Sunday, April 28, 2013 at 3:50:00 AM GMT+7  

kami punya uang logam nederland tahun 1930, sejmlah 1,5 Kg,
mau kami jual, jk ada yg berminat bs hub kami

Anonymous Friday, June 21, 2013 at 6:45:00 AM GMT+7  

saya punya uang logam nederland 1 buah tahun 1945 2,5 cent
2 buah 1 cent tahun 1942 dan tahun 1978
jika ada yang berminat hubungi saya di nomer 085711194448 (mila)

Miltken Gunawan Monday, July 8, 2013 at 12:50:00 PM GMT+7  


Saya Mempunyai Uang Belanda 1856 ,1897 ,1914 , 1920 , 1939 pokoknya lengkap deh kalau berminat hubungi 0816300667

Gusti Muhammad Amin Gazali Monday, September 9, 2013 at 3:26:00 PM GMT+7  

saya juga punya uang logam nederlandsch indie 1/2 cents siapa yang minat mau beli silahkan sms kenomer 081210683185 bagi yang serius aja ,ada juga uang logam zaman dulu malaysia,singapore dan china ,email gustimuhammadamingazali@gmail.com bisa lwat email juga.

Agus B. Setyawan Sunday, October 27, 2013 at 10:12:00 PM GMT+7  

Biar tahu gambarannya berapa nilai uang-uang yang disebutkan di atas, berikut ini saya sampaikan harganya berdasarkan harga yang paling mahal di loakan Pasar Beringharjo Yogyakarta:
--2,5 sen ned indie = @Rp7000 (bervariasi, tergantung kondisi koin dan tahun. Tahun langka 1856 dan 1896 bisa sampai ratusan ribu untuk kondisi sempurna).
--1 sen ned indie = @Rp3000 (tahun 1855 harganya puluhan ribu sampai ratusan ribu untuk kondisi bagus).
--1/2 sen ned indie = @Rp500-Rp1000 (tahun langka 1921 dan 1939 harganya bisa sampai puluhan ribu).
Uang-uang kuno Indonesia/Belanda yang lain nilainya ada yang sedikit di atasnya, ada yang sedikit di bawahnya, kecuali uang perak dan emas yang harganya agak mahal.
Perlu pula diketahui, uang-uang kuno ned indie tersebut bisa Anda dapatkan di pasar-pasar loak Yogyakarta maupun kota-kota besar yang lain, seberapa kilo Anda butuhkan!

Citra Zaelyca Sunday, November 24, 2013 at 7:22:00 AM GMT+7  

saya punya koin 1 cent tahun 1902 sama 2,5 cent 1945 yang berminat silahkan hubungi nomor 081329382439

Adrie Saputra Sunday, December 1, 2013 at 10:01:00 PM GMT+7  

Saya punya beberapa koin nederlandcsh indie, diantaranya 1/2 cent, 1 cent dan 2 1/2 cent dan 5 cent.Untuk yang 2 1/2 cent saya punya yang tahun 1857, merupakan keluaran tahun ke dua setelah 1856 dan termasuk jarang ditemukan. ada yang minat beli? hhe
sms 085713463788

Nizham Maher Friday, December 13, 2013 at 10:43:00 AM GMT+7  

saya punya uang coin nedherland indhie thun 1858 2 1/2 cent.. klo minat hub : 085386878765

Nizham Maher Friday, December 13, 2013 at 10:43:00 AM GMT+7  

saya punya uang coin nedherland indhie thun 1858 2 1/2 cent.. klo minat hub : 085386878765

Nizham Maher Friday, December 13, 2013 at 10:46:00 AM GMT+7  

saya punya uang logam kuno 2 1/2 cent nedherland indie thun 1858.. minat hub : 085386878765

faie Monday, December 23, 2013 at 8:12:00 PM GMT+7  

saya punya koin kuno 1945 3 keping inde dan uang kertas 1992 6 keping nah saya juga punya koin china berlubang koin dinasty Qing 1 keping dan lain sebagainya. Jika ada yang berminat call me, 087851020550

faie Monday, December 23, 2013 at 8:17:00 PM GMT+7  

saya punya koin kuno 1945 3 keping inde dan uang kertas 1992 6 keping nah saya juga punya koin china berlubang koin dinasty Qing 1 keping dan lain sebagainya. Jika ada yang berminat call me, 087851020550

Anonymous Tuesday, December 24, 2013 at 8:50:00 AM GMT+7  

Assalamu'alaikum Abang,sya punya uang koin NEDERLANDSCH INDIE THN 1945 2 1/2 CENT ada 5 KEPING kondisi UNC.
1 Keping THN 1913 nilai 2 1/2 CENT.
WILHELMINA KONINGIN DER NEDERLANDEN 1921 Ada 1 Keping 1 1/2 cent
Kalau ada yang berminat serius Hub: 085250726343 / 085756354578
Pin BB 2B387738
Fadli A. Arsad.

Ghani Almubaraq Monday, December 30, 2013 at 7:56:00 PM GMT+7  

Aku ada Koin 2 S (ZEELANDIA 1745), Koin 2 S (HOLANDIA 1765)
Dan NEDERLANDEN dengan beberapa tipe...

alboer@ymail.com
Bur

Rico Naldi Monday, February 3, 2014 at 3:59:00 AM GMT+7  

sayo jual,,uang nedherland 1945! suai harga pasar.....email.richo_bee@rocketmail.com

Rico Naldi Monday, February 3, 2014 at 4:00:00 AM GMT+7  

jual.uang kuno nedherland1945.harga pasar.

Rico Naldi Monday, February 3, 2014 at 4:08:00 AM GMT+7  

bbbn

Muhammad Fikri U Saturday, February 22, 2014 at 2:53:00 PM GMT+7  

Jual 1 keping uanh Netherland Indie 2,5 cent, tahun 1857, minat? CP: 081366030107.

ahmad faiz Tuesday, February 25, 2014 at 10:09:00 PM GMT+7  

aku juga ada uang nederland tahun 1897, tapi agak kotor.
kalo ada yang mau hub faizmoeda@yahoo.com

abah semar Friday, March 21, 2014 at 9:43:00 PM GMT+7  

saya pnya uang nederlandsch indie mulai dari thun 1910,1920,1938,1945,saya jual,kebetulan saya lgi btuh dana bt kbthan.thaxz

kumpulan contoh surat dan proposal Monday, March 24, 2014 at 10:42:00 PM GMT+7  

Pingin rasanya memiliki uang logam kuno kayak gitu. menarik dan unik.

muhammad akhiri Thursday, April 17, 2014 at 8:55:00 AM GMT+7  

ane punya, tapi di pake buat ngerik kalo masuk angin

Irvan Aziz Friday, May 9, 2014 at 5:48:00 PM GMT+7  

Saya punya yg 1 cent tahun 1856 dan 1914 juga 1920. kira-kira harganya berapa ya pak? Yg 2 1/2 cent juga ada tapi yg tahun 1945.

Yudhi Faizar Tuesday, June 17, 2014 at 10:15:00 PM GMT+7  

ane punya coin 5 Ct nederlandsgh indie tahun 1921.... kira" brapa harga nya..?

Dasril Iteza Sunday, August 17, 2014 at 1:40:00 AM GMT+7  

@kumpulan contoh surat dan proposal ....

cari dan koleksi gan.....

Fitofarmaka Tuesday, August 19, 2014 at 6:16:00 AM GMT+7  

peninggalan mabah saya juga ada koin belanda tahun 1800an

Dasril Iteza Tuesday, August 19, 2014 at 8:07:00 AM GMT+7  

@Fitofarmaka ..

Berapa banyak jumlahnya gan?

Dasril Iteza Tuesday, August 19, 2014 at 8:07:00 AM GMT+7  

@muhammad akhiri ...

Multiguna gan. hehheheh...

Anonymous Tuesday, August 26, 2014 at 1:47:00 AM GMT+7  

Yang butuh koin nederlansch indie 2 1/2 sen hubungi saya di 081546546909
Saya punya tahun lumayan lengkap jumlahnya ratusan kebanyakan masih OK!

G.Shadows279 Thursday, August 28, 2014 at 8:15:00 PM GMT+7  

Saya punya koin ned indie ratusan. Saya jual borongan 2 miliar.

Dasril Iteza Friday, August 29, 2014 at 7:34:00 AM GMT+7  

@G.Shadows279 ...

harga fantastis!

agus Tuesday, September 2, 2014 at 9:14:00 PM GMT+7  

Aku jga punya uang logam sederhana indie 21/2 cent mau di tawar berapa hubungi081224353398

nurul hamzah Tuesday, September 9, 2014 at 12:04:00 AM GMT+7  

saya punya koin nederland 2/1 cent 1945.kalau minat hubungi 081806481955

nurul hamzah Tuesday, September 9, 2014 at 12:05:00 AM GMT+7  

hay

nurul hamzah Tuesday, September 9, 2014 at 12:07:00 AM GMT+7  

saya jg pnya koin nederland 2/1 cent 1945 saya mau jual hub,081806481955

agunk Friday, September 26, 2014 at 10:09:00 PM GMT+7  

mas. sya mau jga jual koin nederlandsch indie tahun, 1826 sama 1902... hub. 082188602231

Jefri DeJeff Monday, September 29, 2014 at 7:27:00 PM GMT+7  

Permisi Gan, saya mau Jual koin kuno Indonesia dan beberapa negara
Sebagai berikut :
@Mata Uang Koin Kuno Indonesia
1. 2000 rupiah koin tahun 1974 ( 1 koin )
2. 50 sen bergambar Imam Bonjol tahun 1952 ( 1 koin )
3. 50 sen bergambar Imam Bonjol tahun 1955 ( 1 koin )
4. 50 sen bergambar Imam Bonjol tahun 1957 ( 4 koin )
5. 1/2 cent Nederlandsch Indie tahun 1945 ( 1 koin )
6. 1 cent Nederlandsch Indie tahun 1936 ( 1 koin )" keadaan koin kurang baik "
7. 1 cent Nederlandsch Indie tahun 1898 ( 1 koin ) " keadaan koin kurang baik "
8. 1 cent Nederlandsch Indie tahun 1929 ( 1 koin ) " keadaan koin kurang baik "
9. 1 cent Nederlandsch Indie tahun 1942 ( 1 koin )
10. 1 cent Nederlandsch Indie tahun 1945 ( 3 koin )
11. 2 1/2 cent Nederlandsch Indie tahun 1945 ( 4 koin )
Dan lain2
@ Mata Uang Koin Kuno Mancanegara
1. 1 cent bergambar Victoria Queen tahun 1889 ( 1 koin )
2. 5 cent Canada tahun 1964 ( 1 koin )
3. Quarter Dollar USA tahun 1965 ( 1 koin )
4. 1 cent Juliana Koningin Der Nederlanden tahun 1972 ( 1 koin )
5. 1 cent Juliana Koningin Der Nederlanden tahun 1976 ( 1 koin )
6. 10 cent Juliana Koningin Der Nederlanden tahun 1974 ( 1 koin )
7. 20 sen Kerajaan Brunei tahun 1977 ( 1 koin )
8. 20 sen Malaysia tahun 1971 ( 1 koin )
9. 20 sen Malaysia tahun 1980 ( 1 koin )
Dan Lain2
Bagi Para Kolektor yang berminat dengan harga yang sesuai, barang akan saya jual. Penawaran dengan harga tertinggi akan saya lepas.
Soalna saya lagi butuh uang
Di Mohon Bantuannya ¥ãäå
No HP : 081933316994 ( Telf / Sms )
Pin BB : 26AA5123
( No tipu2, Serius Only )
Bisa Borongan ato kepingan
Terima Kasih

Dasril Iteza Tuesday, September 30, 2014 at 2:10:00 PM GMT+7  

koleksinya banyak sekali ya gan :)

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *