Integrated Pest Management untuk mengendalikan organisme perusak Arsip

Dasril Iteza - Sebelum Integrated Pest management disarankan oleh banyak kalangan pakar professional, selama ini digunakan pestisida untuk menanggulangi organisme perusak, baik itu organisme perusak yang merusak arsip. Akan tetapi, banyak negara di Benua Eropa sudah mulai meninggalkan penggunaan pestisida tersebut karena efeknya yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan.

Apa itu Integrated Pest Management (atau disingkat IPM)? Integrated Pest Management adalah metode pengendalian organisme perusak secara terpadu dengan menggunakan berbagai metode pengendalian. Pemilihannya dilakukan secara bijaksana dan menggunakan produk-produk yang aman bagi manusia dan lingkungan.

Lantas apa itu organisme perusak arsip? Arsip merupakan warisan budaya bangsa yang harus dijaga, dirawat serta dilestarikan agar jangan sampai hilang baik segi fisik maupun informasinya. Sayangnya kita sering alpa untuk menyelamatkan arsip dari semua hal yang membahayakan kelangsungan fisik dan informasi yang terkandung dalam arsip. Keberadaan arsip sendiri tidak lepas dari berbagai bahaya yang mengancam, baik bahaya seperi banjir, kebakaran maupun ancaman bahaya dari tempat penyimpanan arsip itu sendiri seperti ancaman dari orgnisme perusak!

Organisme perusak arsip yang bisa kita temui adalah serangga, binatang pengerat serta jamur. Selain sebagai sumber makanan, arsip sering dijadikan sarang dan tempat penampungan hasil sekresi dari serangga-organisme perusak tersebut. Hasil sekresi ini sangat berbahaya bagi arsip dan manusia karena dapat menimbulkan kerusakan dan gangguan kesehatan.

Organisme perusak yang sering kita jumpai ditempat penyimpanan arsip atau dokumen adalah silferfish, kecoa dan berbagai organisme lainnya. Silferfish misalnya yang senang memakan lem dan merusak jilidan buku. Habitat mereka adalah tempat lembab yang tidak pernah diganggu selama kurun waktu tertentu dan mereka ini menyukai tempat gelap. Sedangkan kecoa, bisa menimbulkan noda pada arsip karena meninggalkan hasil sekresinya pada arsip/ dokumen.

Kembali Integrated Pest Management sebagai upaya untuk mengendalikan organisme perusak Arsip sepeti silferfish, kecoa dan kawan-kawannya, kelebihan dari IPM ini adalah mencegah masalah yang terjadi dan hasilnya dan hasilnya akan lebih efektif dalam menangani organisme perusak arsip. Selain itu untuk menekan penggunaan pestisida yang jelas-jelas berbahaya bagi manusi, lingkungan serta mengurangi risiko kerusakan arsip itu sendiri.

Ada pun beberapa tahapan dari IPM adalah:
  1. Inspeksi yang bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis organisme perusak yang seperti apa, daerah yang diserang serta kalkulasi biaya yang diperlukan. 
  2. Identifikasi dengan tujuan untuk mengetahui faktor pendukung terjadinya serangan oleh organisme perusak, misalnya keretakan pada lantai dan kelembaban yang terlalu tinggi. 
  3. Pemilihan metode pengendalian adalah bertujuan untuk mengendalikan masalah dengan pemilihan metode yang tepat 
  4. Evaluasi dengan tujuan untuk mengetahui target pengendalian yang telah dicapai.
IPM ini dapat diaplikasikan diantaranya:
  • Selalu menjaga kondisi ruangan agar bersih setiap saat, kondisi ruang penyimpanan yang stabil, jendela dan pintu ruangan yang tertutup rapat. 
  • Inspeksi dan monitoring untuk mengatahui sedini mungkin serangan dari organisme perusak. 
  • Pemeriksaan secara ketat terhadap arsip yang baru masuk dilakukan untuk mencegah infestasi organisme perusak arsip demikian juga dengan petugas yang harus selalu membuat dirinya tetap Clean. 
  • Serta berbagai upaya-upaya lainnya.
Meski harus diakui, tidaklah mudah untuk mengaplikasikan IPM ini. Perlu dukungan semua pihak. Arsip bukan hanya tanggung jawab petugas penyimpan arsip semata, namun tugas kita semua. Kesadaran yang penting bahwa dengan IPM merupakan upaya kita semua untuk menyelamatkan arsip dari organisme perusak, bebas dari pestisida kimia berbahaya, kesehatan terjaga dan lingkungan tetap aman.

Referensi:
  • http://www.epa.gov/pesticides/factsheets/ipm.htm 
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Integrated_pest_management

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs